Beranda Metropolitan Karyawan PD Pasar Jaya Tuntut Pengangkatan 15 Menejer Baru Ditinjau Ulang

Karyawan PD Pasar Jaya Tuntut Pengangkatan 15 Menejer Baru Ditinjau Ulang

421
BERBAGI
alterntif text

Jakarta, Suarapelita.com – Ratusan karyawan PD Pasar Jaya yang tergabung dalam serikat pekerja (SP) mempersoalkan pengangkatan 15 menejer baru. Karyawan menuding pengangkatan itu melanggar aturan tenaga kerja yang berlaku, dan berbau korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

“Kami minta agar ke 15 dengan level manager itu ditinjau kembali. Sebab pengangkatannya tidak sesuai aturan yang berlaku. Yaitu tidak melalui jenjang pengangkatan karyawan di PD Pasar Jaya,” kata Ketua SP PD Pasar Jaya, Kasman Panjaitan saat unjuk rasa di gedung DPRD DKI, Selasa (19/9/2017).

Lebih lanjut Kasman menjelaskan dalam proses pengangkatan 15 manager itu, juga menimbulkan ketidakadilan bagi karyawan lain yang sudah mengabdi puluhan tahun di badan usaha milik daerah (BUMD) milik Pemprov DKI tersebut. Termasuk soal gaji yang terlalu tinggi.

“Baru tanda kontrak saja dengan jajaran direksi, 15 manager baru ini sudah langsung mengantongi gaji sekitar Rp30 juta per bulan. Ini kan sangat tidak adil dan menyimpang dari aturan yang sudah ditetapkan direksi lama dan aturan itu masih berlaku karena belum dicabut,” papar Kasman.

Anggota Komisi B DPRD DKI yang juga mantan Dirut PD Pasar Jaya, Prabowo Soenirman meminta agar jajaran direksi menggunakan aturan yang lazim dalam perekrutan karyawan PD Pasar Jaya.

“Gunakan saja aturan yang lazim agar kinerja BUMD itu berjalan dengan baik. Dan tentunya itu bisa dicapai dengan harmonisnya hubungan antara karyawan dan jajaran direksi. Kan sudah ada aturan yang baku dalam perekrutan karyawan baru di PD Pasar Jaya,” ujar politisi Partai Gerindra ini.

Sementara Wakil Ketua DPRD DKI M Taufik mengatakan dewan mengapresiasi demo karyawan SP PD Pasar Jaya itu. Sebab apa yang menjadi tuntutan mereka sangat rasional dan masuk akal. Karena pengangkatan 15 manager itu tidak rasional.

Menanggapi demo dan tuntutan SP PD Pasar ini, Dirut PD Pasar Jaya Arif Nasrudin menjelaskan perekrutan 15 manager itu, seleksinya sudah sesuai aturan yang berlaku.

“Silahkan untuk di cek kebenaran seleksinya. Karena semua sudah menggunakan accesor pihak ketiga. Dan bukan proses sendiri oleh PD Pasar Jaya. Silahkan di audit,” imbuh Arif.