Beranda Daerah Kades dan Perangkat Desa Se-Kabupaten Nias Ikut Bimtek Penggunaan Dana Desa

Kades dan Perangkat Desa Se-Kabupaten Nias Ikut Bimtek Penggunaan Dana Desa

359
BERBAGI
alterntif text

Medan, Suarapelita.com – Aparatur desa se Kabupaten Nias melaksanaan bimtek (bimbingan teknik) mengenai mekanisme melakukan pembentukan dan pengelolaan BUMDES (badan usaha milik desa) pelaksanaan dan pertanggung jawaban APBDES serta pengadaan barang dan jasa, Dihotel Sochi Internasional Jalan Cirebon, Medan pada Senin (18/09/17).

Bupati Nias Sokhi Atulo laoly saat itu hadir langsung dalam kegiatan Bimtek mengatakan bahwa yang mengikuti bimtek ada 53 desa, dan serta perangkat desanya. BIMTEK ini untuk menambah wawasan dalam melaksanakan dana desa khususnya perangkat Desa.

“Ada 170 desa yang mengikuti BIMTEK ini tetapi sudah di buat 2 tahap, dari pertama 53 desa dan diutus 4 orang/desa dan sebagian lagi masuk ketahap berikutnya sesuai jadwalnya,” ungkap Bupati.

Bupati mengharap agar aparatur didesa untuk kompak. Apa bila tidak ada kekompakan didesa maka masyarakat akan mencari jalan keluar untuk mencari kelemahan aparatur maupun pemerintahan desa.

“Jika aparatur kompak, maka pembangunan desa akan semakin baik dan cepat, ” ujar Bupati menjelaskan.

Mulyadi Malik MSi sebagai narasumber Bimtek mengatakan bahwa mekanisme pembentukan BUMDesa (badan usaha milik desa) ini dilakukan kementerian desa untuk mengatur bagaimana penggunaan dana desa di Indonesia.

“Badan usaga milik desa tercatum dalam Undang-Undang tentang pembangunan desa. Upaya ini dilakukan untuk mempergunakan dana desa hingga bisa untuk membangun Desa yang bersih dan baik. Dana desa yang baru jangan seperti dana desa yang lama, semua harus lebih baik lagi sesuai UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa,” ujarnya. (**)