Beranda Hukum Wali Kota Cilegon Kena OTT KPK

Wali Kota Cilegon Kena OTT KPK

288
BERBAGI
alterntif text

Jakarta, Suarapelita.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukukan Operasi Tangkap Tangan (OTT). Korban kali ini adalah Wali Kota Cilegon, Tubagus Iman Ariyadi. Penangkapan tersebut dilakukan pada Sabtu (23/9/2017) dini hari. Pria muda ini dicokok KPK bersama 9 pejabat di Cilegon dan pihak swasta terkait perizinan industri.

TB Iman Ariyadi menjabat Wali Kota Cilegon selama dua periode dari tahun 2010-2015 dan tahun 2016-2021. Ia lahir di Serang, Banten, pada 10 Juli 1974. TB Iman Ariyadi bergelar doktor lulusan Universitas Indonesia (UI) dan merupakan putra mantan Wali Kota Cilegon, Tubagus Aat Syafa’at.

Sebelum menjadi Wali Kota, Iman pada tahun 2004 berhasil duduk menjadi anggota DPRD Provinsi Banten. TB Iman terus berkarier di politik. Tahun 2009 ia menjadi anggota DPR-RI di tahun 2009. Tahun 2010, saat ayahnya yakni Aat Syafa’at mengakhiri jabatan Wali Kota Cilegon selama dua periode, Tb Iman yang baru setahun menjadi anggota DPR RI maju sebagai Wali Kota Cilegon.

Iman berhasil menjadi Wali Kota Cilegon untuk periode tahun 2010-2015. Tahun 2016, Iman yang diusung Partai Golkar kembali menjabat sebagai Wali Kota Cilegon. Berpasangan dengan Edi Ariadi, TB Iman memenangi Pemilihan Wali Kota Cilegon pada Desember 2015 dengan suara telak yakni 77,37 persen suara.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan 10 orang yang diamankan diindikasikan terkait dengan proses perizinan kawasan industri di salah satu Kabupaten/Kota di Banten. “Ada uang ratusan juta yang diamankan sebagai barang bukti,” kata Febri.

Saat ini pemeriksaan masih berjalan. Sejumlah pihak yang diamankan sudah dibawa ke Kantor KPK. Termasuk Wali Kota Cilegon sudah dibawa ke kantor KPK pada dini hari tadi. Febri menambahkan dalam waktu maksimal 24 jam akan disampaikan hasil OTT ini melalui konferensi pers hari ini di KPK. (RH)