Beranda Nasional MUI Haramkan Nikahsirri.com, Sama Saja Dengan Zina Terselubung

MUI Haramkan Nikahsirri.com, Sama Saja Dengan Zina Terselubung

321
BERBAGI
Majelis Ulama Indonesia
alterntif text

Jakarta, Suarapelita.com – Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan sikap tentang pengharaman bisnis nikahsirri.com yang menjual pelelangan keperawanan atau janda di media sosial.

“Ya haram. nikahsirri.com itu zina terselubung. Nikah kok dibisnis-bisniskan,” ujar Ketua Komisi Fatwa MUI, KH Hasanuddin AF, Senin (25/9/2017).

Menurut Hasan, nikahsirri.com hanya untuk mencari kesenangan syahwat semata. Hal itu jauh dari esensi pernikahan yang tujuannya  untuk ibadah dan membinah rumah tangga.

“Itu bisnis kesenangan. Masa nikah ada tarif segini, perawan lebih mahal, bukan perawan lebih murah. Itu bukan tujuan esensi nikah, itu hanya untuk senang-senang. Jadi itu haram,” ucapnya.

MUI kata dia, sudah mengeluarkan fatwa tentang nikah siri bahwa hukumnya haram jika menimbulkan kemudharatan atau tujuannya hanya untuk mencari kesenangan.

“Nikah siri menjadi haram kalau menimbulkann mudarat karena ada pihak-pihak yang dizalimi. Suami tidak bertanggung jawab, istri ditinggal begitu saja. Kalau niatnya benar untuk menikah tidak apa-apa, tapi kalau niatnya untuk senang-senang dan timbulkan mudarat maka nikah siri haram,” ujar Hasanuddin.

Sebelumnya, Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro menangkap Aris Wahyudi pemilik situs nikahsirri.com di Bekasi, Jawa Barat.

Pelaku dijerat dengan pasal berlapis, yakni Pasal 27 Ayat (1) Jo Pasal 45 Ayat (1) UU Tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE, dengan pidana penjara maksimal 6 tahun dan denda Rp1 miliar.

Kemudian, dijerat UU Nomor 44 Tahun 2008 Ayat 1 Jo Pasal 29 dan Ayat 2 Jo Pasal 30 tentang Pornografi, dengan denda paling banyak masing-masing Rp6 miliar dan Rp3 miliar.