Beranda Daerah Kali Bekasi Tercemer Akibat Limbah 18 Perusahaan

Kali Bekasi Tercemer Akibat Limbah 18 Perusahaan

442
BERBAGI
Ilustrasi
alterntif text

Kota Bekasi, Suarapelita.com – Pasca melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Bendungan Kali Bekasi di Jalan M. Hasibuan, anggota Komisi II DPRD Kota Bekasi menemukan banyak limbah industri di Kali Bekasi yang berdampak kepada penyuplaian air PDAM Tirta Patriot dan Bhagasasi.

“Ada laporan dari masyarakat tentang adanya pencemaran limbah industri di Kali Bekasi sehingga menyebabkan kualitas air baku PDAM buruk,” Kata Anggota Komisi II DPRD Kota Bekasi, Ariyanto Hendrata saat ditemui wartwan di Kantor DPRD Kota Bekasi, Rabu (27/9).

Ariayanto mengungkapkan, dari hasil mediasi dengan pihak PJT II, persoalan tercemarnya air baku PDAM akan diselesaikan mulai dari hilir (bendungan Kali Bekasi).

“Dan ini akan menjadi konsen komisi II. Setelah ini kita akan mencari akar persoalan dari hulu. Kita cari tahu 18 perusahaan yang berada di sepanjang Kali Bekasi,” jelasnya.

Ia mendorong agar Pemerintah Kota Bekasi mengambil langkah tegas kepada perusahaan-perusahaan yang terindikasi membuang limbah industri di Kali Bekasi.

“Karena sudah 7 kali, Kali Bekasi dicemari oleh limbah industri yang memang membahayakan hajat orang banyak sebagai konsumen Perusahaan Daerah (PDAM),” tandas dia.

Saat baru pulang dari acara diskusi di Wulan Sari Ariyanto menyempatkan diri melihat kali Bekasi dengan sudah berbusa dan bau.

“terus mampir kekantor lewat kali Bekasi masya Allah bau dan berbusa,” ujar Anggota Fraksi PKS ini.

Lebih lanjut dia berharap adanya tindakan tegas bagi pelaku pencemaran kali Bekasi dan harus kita dorong MOU antar daerah sebagai bentuk komitmen bersama menjaga kali Bekasi. Tambahnya. (Nil)