Beranda Nasional Mabes Polri Akan Beli Mobil Patroli dan Pengawalan Super Mewah

Mabes Polri Akan Beli Mobil Patroli dan Pengawalan Super Mewah

667
BERBAGI
alterntif text

Jakarta, Suarapelita.com – Isu pembelian 5000 pucuk senjata belum reda kini publik kembali akan dikejutkan dengan rencana pembelian mobil patroli mewah yang akan dilakukan oleh Mabes Polri. Mabes Polri diam-diam melalui SSARPRAS atau Staf Sarana dan Prasarana Polri sepertinya sudah selesai melakukan lelang pengadaan mobil patroli dan pengawalan.

Dikutip dari catatan klikanggaran.com diketahui bahwa anggaran total untuk belanja mobil roda 4 atau sedan, double cabin, dan Raimas atau Pengurai Massa sebesar Rp625.657.303.000 untuk membeli 975 kendaraan roda 4 dengan 3 tipe mobil. Jadi, kalau boleh dibagi rata, maka harga satu kendaraan polisi ini rata-rata seharga Rp641.699.798 untuk satu unit mobil.

Dibawah ini rincian mobil yang akan dibeli polisi tersebut :

  1. Membeli Sedan Patroli 2.000 cc dan 2500 cc sebanyak 413 unit dengan anggaran sebesar Rp 284,5 miliar.
  2. Membeli Mobil Double Cabin dengan 2500 cc sebanyak 481 unit dengan anggaran sebanyak Rp 292,5 miliar.
  3. Membeli kendaraan roda 4 Raimas sebanyak 81 unit dengan anggaran sebesar Rp 48,6 miliaran.

Dengan demikian, di tahun 2017 ini Kepolisian Indonesia akan membeli mobil operasional dengan macam-macam tipe, sebagaimana disebutkan di atas tadi. Tapi, ada kekhawatiran publik, bahwa anggaran negara untuk membeli mobil tersebut akan mubazir, karena mobil cepat rusak dan tidak dirawat oleh pihak kepolisian sendiri. Masih ingat? Misalnya mobil operasional polisi yang merek KIA. Baru mereka pakai saja, sudah pada rusak karena tidak ada anggaran perawatannya.

Pesan publik lainnya, mentang-mentang sekarang anggaran polisi bisa mengalahkan anggaran TNI AD, karena setiap tahun alokasi anggaran polisi selalu naik, maka polisi akan membeli mobil baru? Bagaimana jika mobil yang akan dibeli nanti senasib dengan mobil operasional KIA? Jadi, anggaran sebesar Rp 625 miliar akan sia-sia belaka karena sebentar lagi akan jadi bangkai mobil.