Beranda Nasional MK Diminta Tolak Judicial Review Tentang Perppu Ormas

MK Diminta Tolak Judicial Review Tentang Perppu Ormas

389
BERBAGI
PERPPU ORMAS
alterntif text

Jakarta, Suarapelita.com –  Lingkar Maqra Cendekia menyatakan dukungannya kepada pemerintah terkait pembubaran organisasi kemasyarakatan yang bertentangan dengan pancasila dan penerbitan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) tentang Ormas.

Salah satu pengurus pusat Lingkar Maqra Cendekia, Rudi Suherman mengatakan, pihaknya adalah salah satu pihak yang akan dirugikan jika ada perubahan ketentuan di dalam Perppu ormas yang telah diterbitkan pemerintah pada 10 Juli 2017 Lalu.

Ia menjelaskan, Perppu Ormas memang diperlukan untuk mengantisipasi ormas-ormas yang bertentangan dengan pancasila, Perppu itu sangat sudah tepat,” tuturnya Di Uhamka, Jakarta, Sabtu (07/10/2017).

“Kami punya kepentingan, sebagai masyarakat majemuk akan terancam kalau (Pancasila) diganti,” tambahnya.

Penerbitan Perppu Ormas oleh pemerintah, kata Rudi lagi, sudah tepat demi menjaga Pancasila, UUD 1945 dan keutuhan NKRI.

“Keberadaan Pancasila itu yang membuat kita semua bisa bersatu tetap hidup dan bertahan hingga saat ini,” jelasnya.

“Tidak ada jaminan kalau Pancasila diganti kita bisa seperi ini, tetap bisa menjaga berbedaan dalam keragamaan,” sambung Rudi.

Mantan Ketua IMM DKI Jakarta ini juga meminta MK agar menolak permohonan uji materi yang sudah berjalan tersebut.

“Kami minta MK tidak mengabulkan pengujian (judicial review) perppu itu karena kepentingan kami nyata akan terancam kalau (Pancasila) diganti,” kata dia. (rh)