Beranda Internasional PM Rajoy : Pasca Referendum Catalonia Tidak Akan Membuat Spanyol Pecah

PM Rajoy : Pasca Referendum Catalonia Tidak Akan Membuat Spanyol Pecah

492
BERBAGI
alterntif text

Jakarta, Suarapelita.com – Pasca melaksanakan referendum kemerdekaan yang didukung sebagian besar warga Catalonia, Perdana Menteri Mariano Rajoy meyakini Spanyol tidak akan terpecah.

Dalam wawancara dengan surat kabar Die Welt yang dikutip Reuters, Senin (9/10), Rajoy menampik dengan tegas ketika ditanya soal risiko perpecahan di tubuh Spanyol. “Tentu saja tidak. Spanyol tidak akan terpecah dan kesatuan bangsa akan dipertahankan.”

“Kami akan melakukan segalanya yang dimungkinkan undang-undang untuk memastikan hal tersebut.”

Catalonia, daerah yang mempunyai bahasa dan kebudayaan tersendiri kini dipimpin oleh pemerintahan regional pro-kemerdekaan.

Otoritas setempat menggelar referendum kemerdekaan pada 1 Oktober lalu meski Mahkamah Konstitusi Spanyol menyatakan pemungutan suara tersebut Ilegal.

Tak hanya ditentang pemerintah, ratusan ribu warga di ibu kota Catalonia, Barcelona, berdemonstrasi menolak upaya pemisahan diri dari Spanyol, hari ini.

Kerumunan yang oleh polisi diperkirakan mencapai 350 ribu itu turun ke jalan melambaikan bendera Spanyol dan Catalan sambil membawa spanduk bertuliskan “Catalonia adalah Spanyol” dan “Bersama kita lebih kuat”.

“Kami merasa sebagai orang Catalan dan juga Spanyol. Kami menunggu dan menghadapi hal yang tidak pasti saat ini. Namun, kami harus bersuara dengan lantang sehingga mereka tahu apa yang benar-benar warga inginkan,” kata Araceli Ponze.

Sumber : CNNIndonesia