Beranda Olahraga Prancis dan Portugas Lolos ke Putaran Piala Dunia 2018 Sedangkan Belanda, Swedia...

Prancis dan Portugas Lolos ke Putaran Piala Dunia 2018 Sedangkan Belanda, Swedia dan Swiss Harus Ikut Play Off

381
BERBAGI
alterntif text

Jakarta, Suarapelita.com – Tim nasional Portugal dan Prancis memastikan diri lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2018. Kepastian itu didapat setelah masing-masing tim memetik kemenangan atas lawan nya pada laga pamungkas kualifikasi zona Eropa.

Bermain di hadapan ribuan pendukungnya di Estadio da Luz, Portugal menang 2-0 atas pesaing utamanya di Grup B, Swiss, Selasa (10/10/2017). Dua gol kemenangan Portugal pada laga tersebut terjadi lantaran gol bunuh diri Johan Djourou pada menit ke-41 dan sontekan Andre Silva pada menit ke-57.

Selain itu Tim nasional Prancis juga memuncaki posisi Grup A pada laga pamungkas menang 2-1 atas Belarus dengan mengumpulkan 23 poin. Mereka pun lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia. Prancis membuka keunggulan pada menit ke-27 setelah Antoinne Griezmann mencetak gol lewat sepakan kaki kiri. Griezmann sukses mengonversi umpan dari Blaise Matuidi.

Skuat asuhan Didier Deschamps menambah keunggulan enam menit kemudian. Olivier Giroud mencatatkan nama di papan skor setelah bola tendangan kaki kirinya tidak mampu dibendung Chernik. Menjelang babak pertama berakhir, timnas Belarusia berhasil memperkecil ketertinggalan. Saroska menceploskan bola ke gawang timnas Prancis lewat tendangan kaki kanan. Skor 2-1 bertahan hingga pertandingan selesai di Stade de France, Selasa (10/10/2017).

Sementara itu, Tim nasional Belanda dipastikan gagal lolos ke Piala Dunia 2018 sekalipun menang pada laga pamungkas grup kualifikasi zona Eropa kontra timnas Swedia.

Alih-alih ada dalam tekanan untuk menang dengan skor 7-0, namun timnas belanda hanya menang 2-0 atas Swedia di Amsterdam Arena. Dua gol kemenangan De Oranje pada laga tersebut dilesakkan arjen robben melalui penalti pada menit ke-16 dan tendangan jarak jauh pada menit ke-40.

Kemenangan ini memang membuat Belanda menyamai raihan poin Swedia, 19 angka. Namun, Robben dkk hanya surplus 9 gol berbanding 17 milik Swedia.

Sementara itu, Swedia masih berpeluang tampil di Rusia 2018 via jalur play-off. Lawan The Yellow Viking baru akan diundi pada 17 Oktober mendatang. (rdks)