Beranda Ekonomi IHSG Kembali Melemah Akibat Aksi Jual Asing

IHSG Kembali Melemah Akibat Aksi Jual Asing

445
BERBAGI
alterntif text

Jakarta, Suarapelita.com – Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan akan berada pada kisaran level support pertama dan kedua berada pada level 5.892,252 dan 5.878,742. Sementara itu, resistance pertama dan kedua berada pada level 5.923,470 dan 5.941,194.

Terlihat pola bullish stick sandwich candlestick pattern yang mengindikasikan adanya potensi rebound pada pergerakan indeks saham. Sempat mencoba untuk kembali mengalami kenaikan di awal sesi namun, tidak lama kemudian laju IHSG kembali tumbang seiring meningkatnya aksi jual pelaku pasar.

Respon negatif terhadap pergerakan bursa saham AS sebelumnya yang melemah membuat pelaku pasar memanfaatkan penguatan sebelumnya untuk kembali profit taking.

” Akibatnya tren permulaan IHSG untuk naik kembali terganggu dengan adanya aksi jual tersebut,” ujar Reza Priyamba, Analis Bina Artha Sekuritas  di Jakarta, Rabu (11/10).

Masih adanya pelemahan pada Rupiah yang dibarengi dengan aksi jual pelaku pasar asing serta sikap menahan diri pelaku pasar jelang rilis kinerja para emiten membuat IHSG berbalik melemah. Terpantau asing mencatatkan nett sell Rp 463,52 miliar dari sebelumnya nett sell Rp266,71 miliar.

” Pergerakan IHSG yang mulai berbalik melemah sempat membuat pelaku pasar lainnya khawatir akan terjadinya pelemahan lanjutan, seiring mulai adanya aksi jual dari pelaku pasar lainnya,” kata Reza.

Diharapkan aksi jual yang terjadi dapat terbatas agar IHSG memiliki peluang terjadinya technical rebound. Jika tidak maka antisipasi terjadinya pelemahan lanjutan.

” Antisipasi sentimen terutama dari berita-berita sektoral dan emiten, yang dapat membuat arah IHSG kembali bervariatif melemah,” pungkasnya. (Akurat)