Beranda Nasional Generasi Milenial Akan Menjadi Penentu Pemimpin Kedepan

Generasi Milenial Akan Menjadi Penentu Pemimpin Kedepan

459
BERBAGI
alterntif text

Jakarta, Suarapelita.com – Pemilu 2019 diprediksi menjadi partarungan bagi partai politik untuk merebut suara generasi milenial yang diperkirakan menjadi pemilih pemula paling besar dengan persentasi 48%.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Charta Politika, Muslimin dalam diskusi yang mengangkat tema Star Up Politik, Membaca Arah Baru Politik Generasi Milenial yang di inisiasi oleh Himpunan Jurnalis Indonesia (HJI) di Resto Tjikini Lima, Jakarta, Sabtu (28/10/2018).

“Hasil survei kita menemukan bahwa pemilih pemula di generasi milenial sangat besar yaitu sekitar 48% dan pertumbuhannya pun bukan di pulau jawa melainkan sumatra yang terbesar,” ujur muslimin.

Dalam acara diskusi tersebut selain Muslimin juga nampak hadir Politisi Muda PPP, Achmad Baidowi, Ketua Umum AMPI, Dito Ariotedjo, serta Direktur PT. Pos Indonesia yang juga mantan Ketua Umum PB HMI, Noer Fajriansyah.

Muslimin juga memaparkan, Generasi milenial akan menjadi penentu dalam pemilihan pemimpin kedepan, disamping itu prilaku pemilih milenial masih sangat baru dan rata-rata ketika kita survei belum mempunyai pilihan politik serta cendrung memilih partai yang rasional,” urainya.

Sementara itu, Achmad Baidowi mengatakan Ideologi bagi generasi milenial bukanlah hal yang wajib, begitu juga dalam ranah politik, namun mereka cendrung kritis jika melihat sesuatu yang tidak sesuai dengan ekseptasi politiknya,” kata Baidowo.

Anggota DPR Komisi II ini juga menjelaskan, tantangan parpol digenerasi milenial sekarang ini banyak dipengaruhi oleh moral sehingga harus ada transformasi politik yang diberikan parpol untuk memberikan ruang anak muda,” jelasnya.

Ia juga menceritakan bagaimana partainya (PPP) yang sekarang ini banyak di isi oleh anak muda padahal dulu sering di citrakan partai orang tua.

“PPP dulu sering dicitrakan sebagai parpol bagi orang tua namun kini hampir 60% di isi anak muda yang mempunyai semangat luar biasa,” jelasnya. (Red)