Beranda Daerah Pengamat: Pasangan Rahmat Effendi – Tri Adianto Cukup Ideal

Pengamat: Pasangan Rahmat Effendi – Tri Adianto Cukup Ideal

452
BERBAGI
alterntif text

Kota Bekasi, Suarapelita – Kalangan birokrat kian menjadi incaran para politisi untuk maju bersama dalam pemilihan kepala daerah, sebab figur seorang birokrat dianggap berpengalaman dalam menjalankan roda pemerintahan daerah.

Pengamat Politik Bekasi Institute, Muslim mengungkapkan kombinasi politisi dengan birokrat cukup ideal, sebab sosok politisi akan membangun komunikasi diluar pemerintahan.

“Sementara Birokrat akan menjalin komunikasi di internal pemerintahan jadi kombinasi ini seimbang,” katanya, Minggu (14/1/2018).

DPD PAN Kota Bekasi
Tri Adhianto (Tengah) Calon Wakil Walikota Bekasi Dari Partai Amanat Nasional Saat dikantor DPD PAN Kota Bekasi

Oleh karena itu, menurut dia, tidak sedikit para politisi atau partai politik mencari sosok birokrat untuk mendampinginya pada setiap pilkada diberbagai daerah tak terkecuali di kota Bekasi.

Ditempat terpisah Tri Adianto Tjahyono, seorang birokrat yang memilih untuk beralih ke dunia politik dan rela melepaskan statusnya sebagai pegawai negeri sipil (PNS) agar dapat diusung oleh partai politik.

“Karena Syarat untuk dicalonkan sebagai bakal calon wakil walikota harus masuk partai politik,” tukasnya.

Ia pun memilih untuk mengendarai Partai Amanat Nasional (PAN) agar membawanya menuju gerbang Pilkada mendampingi petahana Rahmat Effendi.

“Menjadi seorang politisi sudah menjadi pilihannya,” ungkapnya.

Sedangkan Ketua Tim Pemenangan DPD PAN Kota Bekasi, Abdul Muin memaparkan perjalanan seorang Tri Adhianto hingga ia menjadi salah satu kader PAN yang langsung mendapatkan rekomendasi dari DPP PAN untuk diusung menjadi calon wakil walikota Bekasi di Pilkada 2018.

“Semuanya pasti berproses. Dan ini merupakan proses politik yang sudah menjalani banyak komunikasi. PAN sendiri awalnya mengusulkan kepada Walikota untuk bisa menjadikan Tri Adhianto sebagai kader PAN yang bisa langsung kami usung sebagai calon wakil walikota. Dan setelah disetujui, akhirnya berjalanlah proses tersebut,” ujarnya.

Muin mengungkapkan, setelah ia melakukan komunikasi bersama Walikota Bekasi Rahmat Effendi perihal PAN yang ingin menarik Tri Adhianto untuk menjadi kader pun dilanjutkan dengan membawa Tri Adhianto menemui Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan.

Pertemuan dengan Ketua Umum PAN tersebut mendapat respon positif. Bahkan diakui Muin, usai menyampaikan titik pokok pertemuan tersebut pun, Ketua Umum langsung mengeluarkan surat rekomendasi pada Jumat (5/1) untuk mengusung Tri Adhianto menjadi calon wakil walikota Bekasi.

“Jadi ya secara resmi, Tri Adhianto sudah resmi menjadi kader PAN. Meski untuk KTA-nya belum kami serahkan, karna berdasarkan komitmen awal bahwa Tri harus melepaskan status PNS-nya terlebih dahulu. Jika sudah selesai proses itu baru kita serahkan untuk KTA-nya,” beber Muin.

Diakui Muin, PAN sendiri menjadi satu-satunya partai pertama yang sah mengusung petahana sekaligus calon wakil walikota dan masuk dalam daftar KPUD.

Lebih lanjut, Muin juga mengungkapkan bahwa Tri Adhianto juga telah menjadi bagian dalam keluarga besar Muhammadiyah. Bahkan, dirinya juga sudah mengajak Tri Adhianto untuk menemui petinggi Muhammadiyah di DPD Muhammadiyah Kota Bekasi, Minggu (8/1) lalu.

Selain untuk bersilahturahmi terhadap petinggi Muhammadiyah, pertemuan tersebut juga sebagai ajang konsolidasi seluruh kader dan keluarga besar Muhammadiyah Kota Bekasi untuk membulatkan suara mendukung Tri Adhianto​ sebagai calon wakil walikota Bekasi.

“Jadi insya Allah suara dari Muhammadiyah Kota Bekasi akan 100 persen mendukung Tri Adhianto menjadi calon wakil walikota Bekasi periode 2018-2023,” tambahnya.

Usai mendapatkan dukungan penuh dari keluarga besar Muhammadiyah Kota Bekasi, lanjut Muin, seluruh kader dan pengurus DPD, PAC, dan Ranting PAN yang ada di Kota Bekasi juga sudah melakukan konsolidasi guna mendukung Tri Adhianto.

Ia pun optimis, PAN Kota Bekasi akan bisa memenangkan pasangan Rahmat Effendi dan Tri Adhianto sebagai Walikota dan Wakil Walikota Bekasi diperiode 2018-2023.

“Saya yakin, pasangan Rahmat Effendi dan Tri Adhianto akan menang di Pilkada nanti. Karna kita dari kalangan kader dan dukungan partai lain sudah bulat mendukung mereka di Pilkada nanti,” pungkasnya. (Mat)